Sabtu, 17 Maret 2018

RPP MAPEL IPA KELAS IX SEMESTER GANJIL

Contoh RPP Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX Semester Ganjil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)

Nama Sekolah                    : SMP Negeri 1 Masamba
Mata Pelajaran                  : IPA Terpadu
Kelas/Semester                   : IX/ Ganjil
Tahun Ajaran                     : 2017/2018
Alokasi Waktu                    : 8 Jam Pelajaran (3 x Pertemuan)
Standar Kompetensi          : 1.    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.        
Kompetensi Dasar              : 1.1.    Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator Pembelajaran
Pertemuan 1                          :
1.      Mendeskripsikan pengertian sistem ekskresi
2.      Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi. 
3.      Mendeskripsikan bentuk dan bagian organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia

 A.    Tujuan Pembelajaran    
                 Pertemuan 1 :       
      1.   Menjelaskan pengertian sistem ekskresi .       
      2.   Mendeskripsikan bentuk dan bagian alat-alat eksresi pada manusia.
      3.   Menjelaskan fungsi organ-organ sistem ekskresi.



B.    Materi Pembelajaran

      Pertemuan 1 :       
1.   Pengertian sistem ekskresi : Proses pengeluaran zat sisa metabolisme (sampah metabolisme) yaitu sisa penguraian/pembentukan at-zat yang dilakukan di dalam sel tubuh.
2.   Bentuk/bangun dan bagian alat-alat ekskresi pada manusia :
1. Ginjal, sepasang bentuknya seperti kacang ercis dgn panjang 10-15cm, beratnya 200gr berwarna merah. letaknya di dalam rongga perut yaitu sebelah kiri dan kanan tulang pinggang.
2. Hati, terdiri atas 2 lobus (bongkah) yang berwarna merah tua, beratnya  2 kg, terletak didalam rongga perut sebelah kanan atau dibawah rongga dada.
3. Kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia dan merupakan pelindung bagian dalam tubuh.
4. Paru-paru, terdapat dalam rongga dada yang terdiri dari dua lobus yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Saluran pada paru-paru akan berakhir pada kantung kecil yang disebut Alveolus. Pada bagian ini akan terjadi pertukaran gas antara CO2   dan O2.
5. Fungsi organ-organ sistem ekskresi
    a. ginjal, mengeluarkan zat sisa nitrogen yaitu urine.
    b. hati, mengeluarkan zat sisa perombakan sel darah merah yaitu empedu
    c. paru-paru, mengeluakan zat sisa pembakaran makanan yaitu CO2 dan H20.
    d. kulit, mengeluarkan keringat dan garam mineral.
            6. Struktur / Susunan Ginjal
    a.    Korteks (lapisan luar), terdapat jutaan alat penyaring yang disebut nefron.
    b.   Medula (sumsun ginjal)
    c.    Pelvis (rongga ginjal
      5.   Lapisan Kulit
    a.    epidermis (kulit ari)
    b.   dermis (kulit jangat)
    c.    hipodermis (jaringan ikat bawah kulit).

C.    Model/Metode Pembelajaran
1.   Model pembelajaran   : - Direc intruction         
- Kooperatif
2.   Metode pembelajaran : - Diskusi kelompok
- Pengamatan gambar/torso  
                                       
D.    Skenario/Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan
Langkah – langkah Kegiatan
Nilai Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
·         Ketua kelas mempersiapkan kelas dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik
·         Menanyakan peserta didik  yang tidak hadir
·         Memberi salam dan menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
·         Meminta salah seorang siswa menyebutkan organ apa saja dalam tubuh yang berfungsi dalam pengeluaran ?
 (Apersepsi)
·         Memotivasi peserta didik dengan menanyakan mengapa tubuh kita mengeluarkan sampah setiap saat, zat apa saja yang kita buang tersebut. (motivasi)
Religius



Disiplin

Religius

Rasa ingin tahu





Rasa ingin tahu
1 menit



2 menit

2 menit

3 menit



2

Inti
·         Membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok
·         Menjelaskan pengertian sistem ekskresi
·         Menayangkan gambar alat ekskresi pada manusia.
·         Dengan menggunakan gambar dan torso, setiap kelompok diminta untuk mendeskripsikan bentuk dan bagian-bagian dari organ ekskresi
·         Meminta perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
·         Guru memberi tanggapan dari peserta didik dan menyampaikan jawaban yang benar.
Kerjasama

Komunikatif

Teliti dan cermat

Teliti dan Komunikatif



Jujur, tanggung jawab


Komunikatif


3
Penutup
·         Memberikan penguatan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

·         Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah secara individu


·         Menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

·         Berdoa bersama dan mengucapkan salam.
Motivasi

Tanggung  jawab, komunikatif.
Gemar membaca, rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

Gemar membaca, kepedulian, rasa ingin tahu

Religius
5 menit

3 menit


2 menit




E.    Alat / Media dan Sumber Belajar
-   Buku paket  Ilmu Alam Sekitar Kls IX , Penerbit Pusat             perbukuan  Dep Dik Nas hal 3-10.
              -    Buku paket IPA Kls IX, Penerbit Tiga Serangkai hal 3-12.
              -   Buku Referensi lain yang relevan
              -   Carta organ ekskresi
              -   Torso manusia                 

F.     Penilaian
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian

Bentuk
Instrumen
Instrumen
1.      1.  Mendeskripsikan bentuk organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.
Tes tertulis
Uraian
1.      Sebutkan 2 organ penyusun sistem ekskresi dan deskripsikan bentuk/bangun organ tersebut!


2.      2. Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi.
Tes tertulis
Uraian
2.      Jelaskan fungsi sistem ekskresi!
3.   Mengklasifikasi contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
Tertulis
Uraian




3.      Sebutkan masing-masing 2 penyakit pada organ ekskresi berikut :
a. ginjal
b. kulit
c. paru-paru


G.    Pedoman Penskoran
No
Kunci Jawaban / Aspek yang Dinilai
Skor
1
a.   Ginjal, sepasang bentuknya seperti kacang ercis dgn panjang 10-15cm, beratnya 200gr berwarna merah. letaknya di dalam rongga perut yaitu sebelah kiri dan kanan tulang pinggang
b.   Hati, terdiri atas 2 lobus (bongkah) yang berwarna merah tua, beratnya  2 kg, terletak didalam rongga perut sebelah kanan atau dibawah rongga dada.
6
2
Fungsi sistem ekskresi adalah alat pengeluaran yang mengeluarkan zat sisa hasil metabolisme.
2
3
a. Ginjal            : - Diabetes mellitus
                            - kencing batu
b. Kulit              : - panu
                            -  kurap
c. Paru-paru        : - brongkhitis
                          -   TBC
6


      Rubrik Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor
Nilai
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
1
Muh. Dimas Ramadan





2
A. Ratu Batara Achdar





          Keterangan :      4 = amat baik
                                    3= baik
                                    2= cukup baik
                                    1= kurang baik

      Rubrik Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor
Nilai
Mengemukakan
Pendapat
Penguasaan
Materi
Penggunaan
Bahasa
Menghargai
Pendapat
1
Dhimas






2
A. Ratu






3
Aditya






   
              Keterangan :
Ø  Mengemukakan pendapat; skor 4 jika sering, skor 3 jika jarang, skor 2 jika kurang, skor 1 jika tidak pernah
Ø  Penguasaan materi; skor 3 jika menguasai, skor 2 jika kurang menguasai, skor 1 jika tidak menguasai
Ø   Penggunaan bahasa; skor 3 jika menggunakan bahasa yang baik dan benar,
Skor 2 jika kurang mengguanakan bahasa yang baik dan benar, skor 1 jika tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Ø  Menghargai pendapat orang lain; skor 3 jika menghargai pendapat orang lain, skor 2 jika kurang menghargai pendapat orang lain, skor 1 jika tidak menghargai pendapat orang lain.

                                   perolehan skor
Nilai akhir =      -----------------------------   x    nilai maksimal (100)
                                                skor maksimal
           

                                                                                                Masamba,  07 Juli 2018
            Mengetahui:
            Kepala SMP Negeri 1 Masamba                             Guru Mata Pelajaran




             BAHTIAR, S.Pd.                                                     S Y A M S I R, S.Pd.           
             NIP. 19680101 199103 1 025                                   NIP. 19790810 200502 1 008            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar