RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Masamba
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/Semester :
IX/ Ganjil
Tahun Ajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (3 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
: 1.1. Mendeskripsikan
sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
Indikator Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Mendeskripsikan pengertian sistem ekskresi
2. Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi.
3.
Mendeskripsikan
bentuk dan bagian organ-organ
penyusun sistem ekskresi pada manusia
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
1 :
1. Menjelaskan
pengertian sistem ekskresi .
2.
Mendeskripsikan bentuk dan bagian alat-alat eksresi pada manusia.
3. Menjelaskan
fungsi organ-organ sistem ekskresi.
B.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
1 :
1. Pengertian sistem ekskresi : Proses pengeluaran zat sisa
metabolisme (sampah metabolisme) yaitu sisa penguraian/pembentukan at-zat yang
dilakukan di dalam sel tubuh.
2. Bentuk/bangun dan bagian alat-alat ekskresi
pada manusia :
1. Ginjal, sepasang bentuknya seperti kacang ercis dgn panjang 10-15cm,
beratnya 200gr berwarna merah. letaknya di dalam rongga perut yaitu sebelah
kiri dan kanan tulang pinggang.
2. Hati, terdiri atas 2
lobus (bongkah) yang berwarna merah tua, beratnya 2 kg, terletak didalam rongga perut sebelah
kanan atau dibawah rongga dada.
3. Kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia dan merupakan
pelindung bagian dalam tubuh.
4. Paru-paru, terdapat dalam rongga dada yang terdiri dari dua lobus yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Saluran pada paru-paru akan berakhir pada kantung kecil yang disebut Alveolus. Pada bagian ini akan terjadi pertukaran gas antara CO2 dan O2.
4. Paru-paru, terdapat dalam rongga dada yang terdiri dari dua lobus yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Saluran pada paru-paru akan berakhir pada kantung kecil yang disebut Alveolus. Pada bagian ini akan terjadi pertukaran gas antara CO2 dan O2.
5. Fungsi organ-organ sistem ekskresi
a. ginjal, mengeluarkan zat
sisa nitrogen yaitu urine.
b. hati, mengeluarkan zat
sisa perombakan sel darah merah yaitu empedu
c. paru-paru, mengeluakan
zat sisa pembakaran makanan yaitu CO2 dan H20.
d. kulit, mengeluarkan keringat dan garam mineral.
6. Struktur / Susunan Ginjal
a. Korteks (lapisan luar), terdapat jutaan
alat penyaring yang disebut nefron.
b. Medula (sumsun ginjal)
c. Pelvis (rongga ginjal
5. Lapisan Kulit
a. epidermis (kulit ari)
b. dermis (kulit jangat)
c. hipodermis (jaringan ikat bawah kulit).
C. Model/Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : -
Direc intruction
- Kooperatif
2. Metode pembelajaran : - Diskusi kelompok
- Pengamatan gambar/torso
D.
Skenario/Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Langkah – langkah Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
·
Ketua
kelas mempersiapkan kelas dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh
salah seorang peserta didik
·
Menanyakan
peserta didik yang tidak hadir
·
Memberi
salam dan menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
·
Meminta
salah seorang siswa menyebutkan organ apa saja dalam tubuh yang berfungsi
dalam pengeluaran ?
(Apersepsi)
·
Memotivasi
peserta didik dengan menanyakan mengapa tubuh kita mengeluarkan sampah setiap
saat, zat apa saja yang kita buang tersebut. (motivasi)
|
Religius
Disiplin
Religius
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
|
1 menit
2 menit
2 menit
3 menit
|
2
|
Inti
|
·
Membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok
·
Menjelaskan
pengertian sistem ekskresi
·
Menayangkan
gambar alat ekskresi pada manusia.
·
Dengan
menggunakan gambar dan torso, setiap kelompok diminta untuk mendeskripsikan
bentuk dan bagian-bagian dari organ ekskresi
·
Meminta
perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan
ditanggapi oleh kelompok lain.
·
Guru
memberi tanggapan dari peserta didik dan menyampaikan jawaban yang benar.
|
Kerjasama
Komunikatif
Teliti dan cermat
Teliti dan Komunikatif
Jujur, tanggung jawab
Komunikatif
|
|
3
|
Penutup
|
·
Memberikan
penguatan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
·
Menyimpulkan
materi pembelajaran.
·
Memberikan
tugas untuk dikerjakan di rumah secara individu
·
Menyampaikan
materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
·
Berdoa
bersama dan mengucapkan salam.
|
Motivasi
Tanggung
jawab, komunikatif.
Gemar membaca, rasa ingin tahu, tanggung jawab,
komunikatif.
Gemar membaca, kepedulian, rasa ingin tahu
Religius
|
5 menit
3 menit
2 menit
|
E. Alat / Media dan Sumber Belajar
- Buku paket Ilmu Alam Sekitar Kls IX , Penerbit Pusat perbukuan Dep Dik Nas hal 3-10.
- Buku paket
IPA Kls IX, Penerbit Tiga Serangkai hal 3-12.
- Buku Referensi lain yang relevan
- Carta organ ekskresi
- Torso manusia
F.
Penilaian
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1. 1. Mendeskripsikan bentuk organ-organ
penyusun sistem ekskresi pada manusia.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan 2 organ penyusun sistem
ekskresi dan deskripsikan bentuk/bangun organ tersebut!
|
2. 2. Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2.
Jelaskan
fungsi sistem ekskresi!
|
3.
Mengklasifikasi
contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem ekskresi yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
3. Sebutkan masing-masing 2 penyakit pada
organ ekskresi berikut :
a. ginjal
b. kulit
c. paru-paru
|
G.
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban / Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Ginjal,
sepasang bentuknya seperti kacang ercis dgn panjang 10-15cm, beratnya 200gr
berwarna merah. letaknya di dalam rongga perut yaitu sebelah kiri dan kanan
tulang pinggang
b.
Hati,
terdiri atas 2 lobus (bongkah) yang berwarna merah tua, beratnya 2 kg, terletak didalam rongga perut sebelah
kanan atau dibawah rongga dada.
|
6
|
2
|
Fungsi sistem
ekskresi adalah alat pengeluaran yang mengeluarkan zat sisa hasil
metabolisme.
|
2
|
3
|
a. Ginjal : - Diabetes
mellitus
- kencing batu
b. Kulit : - panu
-
kurap
c. Paru-paru : - brongkhitis
-
TBC
|
6
|
Rubrik
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||
Kerja sama
|
Kreatif
|
Disiplin
|
||||
1
|
Muh. Dimas Ramadan
|
|||||
2
|
A. Ratu Batara Achdar
|
Keterangan : 4 = amat baik
3= baik
2= cukup baik
1= kurang baik
Rubrik
Penilaian Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Mengemukakan
Pendapat
|
Penguasaan
Materi
|
Penggunaan
Bahasa
|
Menghargai
Pendapat
|
||||
1
|
Dhimas
|
||||||
2
|
A. Ratu
|
||||||
3
|
Aditya
|
Keterangan :
Ø
Mengemukakan
pendapat; skor 4 jika sering, skor 3 jika jarang, skor 2 jika kurang, skor 1
jika tidak pernah
Ø
Penguasaan
materi; skor 3 jika menguasai, skor 2 jika kurang menguasai, skor 1 jika tidak
menguasai
Ø Penggunaan bahasa; skor 3 jika menggunakan
bahasa yang baik dan benar,
Skor 2 jika kurang mengguanakan bahasa yang baik
dan benar, skor 1 jika tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Ø
Menghargai
pendapat orang lain; skor 3 jika menghargai pendapat orang lain, skor 2 jika
kurang menghargai pendapat orang lain, skor 1 jika tidak menghargai pendapat
orang lain.
perolehan skor
Nilai akhir =
-----------------------------
x nilai maksimal (100)
skor
maksimal
Masamba,
07 Juli 2018
Mengetahui:
Kepala
SMP Negeri 1 Masamba Guru Mata Pelajaran
BAHTIAR, S.Pd. S Y A M S I R, S.Pd.
NIP.
19680101 199103 1 025 NIP. 19790810 200502 1
008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar