Rabu, 14 Maret 2018

RPP MAPEL IPA KELAS IX SEMESTER GENAP

Contoh RPP Mapel IPA Kelas IX Semster Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1)

Nama Sekolah                       : SMP Negeri 1 Masamba
Mata Pelajaran                      : IPA Terpadu
Kelas/Semester                      : IX/ Genap
Tahun Ajaran                       : 2017/2018
Alokasi Waktu                       : 3 Jam Pelajaran (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi             : 4.       Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya                                                          dalam kehidupan sehari-hari  
Kompetensi Dasar                 : 4.1.    Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat                            magnet.
Indikator Pembelajaran       :
1.         Menjelaskan pengertian  magnet dan bagian-bagaiannya
2.         Menjelaskan sifat kutub magnet
3.         Menjelaskan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
4.         Menjelaskan teori kemagnetan bumi

A.       Tujuan Pembelajaran  

            1.      Menyebutkan sifat-sifat kutub magnet.
2.      Membuat magnet secara sederhana.
3.      Menjelaskan cara menghilangkan sifat kemagnetan.
4.      Menjelaskan teori kemagnetan bumi.

B.       Materi Pembelajaran  
1.    Setiap magnet memiliki dua kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan.     Kekuatan sifat kemagnetan yang paling besar berada pada kutub-kutub magnet. Magnet memiliki sifat menarik logam tertentu. Jika kutub magnet yang satu berdekatan dengan kutub magnet yang lain maka :
a.   Kutub magnet sejenis akan tolak-menolak.
b.   Kutub magnet tidak sejenis akan tarik-menarik.
2.   Membuat magnet yaitu :
      -   menggunakan arus listrik
­       dengan cara menggosok
­       dengan cara induksi
3.   Magnet dapat hilang atau rusak sifat kemagnetannya. Penyebab hilangnya sifat kemagnetan antara lain :
­       dipukul-pukul
­       dipanaskan atau dibakar
­       dialiri arus bolak-balik (AC)
4. Teori kemagnetan bumi : Bumi merupakan magnet yang besar dengan medan magnet yang luas disekelilingnya. Kutub utara magnet bumi terletak disekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi terletak disekitas kutub utara bumi.
C.      Model/Metode Pembelajaran


1.      Model pembelajaran          :            - Direc intruction (DI)              
                       - Kooperatif
2.      Metode pembelajaran        :           - Diskusi kelompok
                                                                   - Eksperimen
                                                                 
D.       Skenario/Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan 1
No
Kegiatan
Langkah – langkah Kegiatan
Nilai Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
·         Ketua kelas mempersiapkan kelas dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik
·         Menanyakan peserta didik  yang tidak hadir
·         Memberi salam dan menyampaikan materi dan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari
·         Memotivasi siswa dengan memperlihatkan tayangan /gambar beberapa magnet dan menanyakan benda apa yang anda lihat sekarang ? (motivasi
·         Apa yang terjadi jika magnet didekatkan dengan benda lain?
(Apersepsi)
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Religius



Disiplin

Religius


Rasa ingin tahu




Rasa ingin tahu


Komunikatif





2

Inti
·         Membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok
·         Setiap kelompok melakukan diskusi kelompok untuk menjawab soal-soal yang telah disiapkan oleh guru.
·         Meminta perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
·         Melalui didkusi kelas guru mengembangkan konsep sifat-sifat magnet dan teori kemagnetan bumi.
·         Guru memberi tanggapan dari peserta didik dan menyampaikan jawaban yang benar.
Disiplin ,Percaya diri
Kerjasama, Komunikatif

Komunikatif, Jujur, tanggung jawab


Komunikatif


Komunikatif


3
Penutup
·         Memberikan penguatan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

·         Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah secara individu


·         Menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

·         Berdoa bersama dan mengucapkan salam.
Motivasi

Tanggung  jawab, komunikatif.
Gemar membaca, rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

Gemar membaca, kepedulian, rasa ingin tahu

Religius


A.      Alat / Media dan Sumber Belajar

v  Buku paket siswa Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar Kls IX , Penerbit Pusat perbukuan   Dep Dik Nas hal 187-201.
v  Buku paket siswa : IPA Terpadu  Ilmu Alam dan Sekitarnya Kls IX, Penerbit Tiga Serangkai hal 213-230.
v  Buku Referensi lain yang relevan
v  L K S
v  Alat-alat percobaan
             
B.       Penilaian

INDIKATOR
PENILAIAN
TEHNIK

BENTUK INTRUMEN

INSTRUMEN
1.  Menunjukkan sifat kutub magnet.
Tes tertulis
Uraian
Tunjukkan bagian-bagian magnet pada magnet batang.
2.  Mendemonstrasi kan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Lakukan cara untuk membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang.
3.  Memaparkan teori kemagneta bumi.
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan tentang teori kemagnetan bumi.


4.  Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik.
Tes tertulis

Uraian

Jelaskan arah arus lisrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik.

C.      Pedoman Penskoran

No
Kunci Jawaban / Aspek yang Dinilai
Skor
1



 Kutub utara
 Kutub selatan
4
2
No
Aspek
skor
1.
Persiapan alat dan bahan
2
2.
Merangkai alat
3
3.
Melakukan pengamatan dan pengukuran
3
4.
Data hasil pengamatan
3
5.
Mengolah data
3
6.
Menarik kesimpulan
3
             jumlah
17

3
Bumi merupakan magnet yang besar dengan medan magnet yang luas disekelilingnya. Kutub utara magnet bumi terletak disekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi terletak disekitas kutub utara bumi.

2
4
Arah garis-garis gaya magnet di sekitar kawat lurus yang dialiri arus listrik ditentukan dengan kaidah genggaman tangan kanan. Jika arah ibu jari sesuai dengan arah arus listrik dalam kawat, maka arah lipatan keempat jari lain yang dirapatkan menunjukkan arah garis-garis gaya magnet
2

      Rubrik Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor
Nilai
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
1
ANDIKA NUGRAHA





2
IDAWATI





          Keterangan :      4 = amat baik
                                    3= baik
                                    2= cukup baik
                                    1= kurang baik

      Rubrik Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor
Nilai
Mengemukakan
Pendapat
Penguasaan
Materi
Penggunaan
Bahasa
Menghargai
Pendapat
1
ANDIKA






2
IDAWATI






3
ADITYA






   
              Keterangan :
Ø  Mengemukakan pendapat; skor 4 jika sering, skor 3 jika jarang, skor 2 jika kurang, skor 1 jika tidak pernah
Ø  Penguasaan materi; skor 3 jika menguasai, skor 2 jika kurang menguasai, skor 1 jika tidak menguasai
Ø   Penggunaan bahasa; skor 3 jika menggunakan bahasa yang baik dan benar,
Skor 2 jika kurang mengguanakan bahasa yang baik dan benar, skor 1 jika tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar.


Ø  Menghargai pendapat orang lain; skor 3 jika menghargai pendapat orang lain, skor 2 jika kurang menghargai pendapat orang lain, skor 1 jika tidak menghargai pendapat orang lain.


                                   perolehan skor
Nilai akhir =      -----------------------------   x    nilai maksimal (100)
                                                skor maksimal
           
                           
                                                                                                Masamba,  05 Januari 2018

            Mengetahui:
            Kepala SMP Negeri 1 Masamba                             Guru Mata Pelajaran





            BAHTIAR, S.Pd.                                                      S Y A M S I R, S.Pd.           
            NIP. 19680101 199103 1 025                                    NIP. 19790810 200502 1 008            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar