RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP 1)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Masamba
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas/Semester :
IX/ Genap
Tahun Ajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep kemagnetan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
4.1. Menyelidiki gejala kemagnetan dan
cara membuat magnet.
Indikator Pembelajaran :
1.
Menjelaskan
pengertian magnet dan bagian-bagaiannya
2.
Menjelaskan
sifat kutub magnet
3.
Menjelaskan
cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
4.
Menjelaskan
teori kemagnetan bumi
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Menyebutkan sifat-sifat kutub magnet.
2. Membuat magnet secara sederhana.
3. Menjelaskan cara menghilangkan sifat
kemagnetan.
4. Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
B.
Materi Pembelajaran
1. Setiap
magnet memiliki dua kutub magnet, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kekuatan sifat kemagnetan yang paling besar
berada pada kutub-kutub magnet. Magnet memiliki sifat menarik logam tertentu.
Jika kutub magnet yang satu berdekatan dengan kutub magnet yang lain maka :
a. Kutub
magnet sejenis akan tolak-menolak.
b. Kutub
magnet tidak sejenis akan tarik-menarik.
2. Membuat
magnet yaitu :
- menggunakan arus
listrik
dengan
cara menggosok
dengan
cara induksi
3. Magnet
dapat hilang atau rusak sifat kemagnetannya. Penyebab hilangnya sifat
kemagnetan antara lain :
dipukul-pukul
dipanaskan
atau dibakar
dialiri
arus bolak-balik (AC)
4. Teori kemagnetan bumi : Bumi merupakan
magnet yang besar dengan medan magnet yang luas disekelilingnya. Kutub utara
magnet bumi terletak disekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan
magnet bumi terletak disekitas kutub utara bumi.
C.
Model/Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : - Direc
intruction (DI)
- Kooperatif
2. Metode pembelajaran : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
D.
Skenario/Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Langkah – langkah Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
·
Ketua
kelas mempersiapkan kelas dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh
salah seorang peserta didik
·
Menanyakan
peserta didik yang tidak hadir
·
Memberi
salam dan menyampaikan materi dan Kompetensi Dasar yang akan dipelajari
·
Memotivasi
siswa dengan memperlihatkan tayangan /gambar beberapa magnet dan menanyakan
benda apa yang anda lihat sekarang ? (motivasi
·
Apa
yang terjadi jika magnet didekatkan dengan benda lain?
(Apersepsi)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Religius
Disiplin
Religius
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Komunikatif
|
|
2
|
Inti
|
·
Membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok
·
Setiap
kelompok melakukan diskusi kelompok untuk menjawab soal-soal yang telah
disiapkan oleh guru.
·
Meminta
perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan
ditanggapi oleh kelompok lain.
·
Melalui
didkusi kelas guru mengembangkan konsep sifat-sifat magnet dan teori
kemagnetan bumi.
·
Guru
memberi tanggapan dari peserta didik dan menyampaikan jawaban yang benar.
|
Disiplin ,Percaya diri
Kerjasama, Komunikatif
Komunikatif, Jujur, tanggung jawab
Komunikatif
Komunikatif
|
|
3
|
Penutup
|
·
Memberikan
penguatan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
·
Menyimpulkan
materi pembelajaran.
·
Memberikan
tugas untuk dikerjakan di rumah secara individu
·
Menyampaikan
materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
·
Berdoa
bersama dan mengucapkan salam.
|
Motivasi
Tanggung
jawab, komunikatif.
Gemar membaca, rasa ingin tahu, tanggung jawab,
komunikatif.
Gemar membaca, kepedulian, rasa ingin tahu
Religius
|
|
A.
Alat / Media dan Sumber Belajar
v Buku paket siswa Mari Belajar Ilmu Alam
Sekitar Kls IX , Penerbit Pusat perbukuan
Dep Dik Nas hal 187-201.
v Buku paket siswa : IPA Terpadu Ilmu Alam dan Sekitarnya Kls IX, Penerbit
Tiga Serangkai hal 213-230.
v Buku Referensi lain yang relevan
v L K S
v Alat-alat percobaan
B.
Penilaian
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
||
TEHNIK
|
BENTUK INTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
|
1. Menunjukkan sifat kutub magnet.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tunjukkan bagian-bagian
magnet pada magnet batang.
|
2. Mendemonstrasi kan cara membuat magnet dan
cara menghilangkan sifat kemagnetan.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Lakukan cara untuk
membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang.
|
3. Memaparkan teori kemagneta bumi.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan tentang teori
kemagnetan bumi.
|
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara
kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan arah arus
lisrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik.
|
C.
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban / Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
Kutub utara
Kutub selatan
|
4
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
Bumi merupakan magnet yang besar dengan medan magnet yang luas
disekelilingnya. Kutub utara magnet bumi terletak disekitar kutub selatan
bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi terletak disekitas kutub utara
bumi.
|
2
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
Arah garis-garis gaya magnet di sekitar kawat lurus yang dialiri arus
listrik ditentukan dengan kaidah genggaman
tangan kanan. Jika arah ibu jari sesuai dengan arah arus listrik dalam
kawat, maka arah lipatan keempat jari lain yang dirapatkan menunjukkan arah
garis-garis gaya magnet
|
2
|
Rubrik Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||
Kerja sama
|
Kreatif
|
Disiplin
|
||||
1
|
ANDIKA NUGRAHA
|
|
|
|
|
|
2
|
IDAWATI
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 4 = amat baik
3= baik
2= cukup baik
1= kurang baik
Rubrik
Penilaian Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Mengemukakan
Pendapat
|
Penguasaan
Materi
|
Penggunaan
Bahasa
|
Menghargai
Pendapat
|
||||
1
|
ANDIKA
|
|
|
|
|
|
|
2
|
IDAWATI
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ADITYA
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Ø
Mengemukakan
pendapat; skor 4 jika sering, skor 3 jika jarang, skor 2 jika kurang, skor 1
jika tidak pernah
Ø
Penguasaan
materi; skor 3 jika menguasai, skor 2 jika kurang menguasai, skor 1 jika tidak
menguasai
Ø Penggunaan bahasa; skor 3 jika menggunakan
bahasa yang baik dan benar,
Skor 2 jika kurang mengguanakan bahasa yang baik
dan benar, skor 1 jika tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Ø
Menghargai
pendapat orang lain; skor 3 jika menghargai pendapat orang lain, skor 2 jika
kurang menghargai pendapat orang lain, skor 1 jika tidak menghargai pendapat
orang lain.
perolehan skor
Nilai akhir =
-----------------------------
x nilai maksimal (100)
skor
maksimal
Masamba, 05 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala
SMP Negeri 1 Masamba Guru Mata Pelajaran
BAHTIAR, S.Pd. S Y A M S I R, S.Pd.
NIP.
19680101 199103 1 025 NIP. 19790810 200502 1
008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar